.

Seputar Pengertian Kebudayaan

Seputar Pengertian Kebudayaan@ Kebudayaan adalah seperangkat norma yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat dan merupakan cara atau pedoman dalam kehidupannya. Pengertian kebudayaaan memiliki ciri bahwa kebudayaan merupakan milik bersama, dipelajari dan merupakan suatu keseluruhan yang terinteraksi dalam kehidupan masyarakat.

Beberapa Pengertian Tentang Kebudayaan

  1. Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai totalitas yang kompleks serta mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat, dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh orang sebagai anggota masyarakat.
  2. kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil manusia hidup bermasyarakat berisi aksi-aksi terhadap dan oleh sesama manusia sebagai anggota masyarakat yang merupakan kepandaian, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain-lain kepandaian.
  3. kebudayaan adalah cara hidup yang telah dikembangkan oleh anggota-anggota masyarakat.

Hubungan Antara Pendidikan Dan Kebudayaan

Pendidikan dan kebudayaan terdapat hubungan yang sangat erat yang saling terkai pada suatu hal yang sama yaitu nilai-nilai. Pendidikan dapat membuat orang berbudaya, semakin banyak orang menerima pendidikan semakin banyak orang yang berbudaya dan makin tinggi kebudayaan makin tinggipula pendidikan atau cara mendidiknya. Ini diKarenakan oleh ruang lingkup kebudayaan yang sangat luas, dimana kebudayaan mencakup segala aspek kehidupan Manusia.

Pendidikan yang terlepas dari kebudayaan akan menyebabkan alienasi dari subjek yang dididik dan seterusnya kemungkinan matinya kebudayaan itu sendiri. Oleh karena itu kebudayaan umum harus diajarkan pada semua sekolah. Sedangkan kebudayaan daerah dapat dikaitkan dengan kurikulum muatan lokal, dan kebudayaan populer juga diajarkan dengan proporsi yang kecil.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa pendidikan adalah bagian dari kebudayaan. Bila kebudayaan berubah maka pendidikan juga bisa berubah dan bila pendidikan berubah akan dapat mengubah kebudayaan. Pendidikan adalah suatu proses membuat orang kemasukan budaya, membuat orang berprilaku mengikuti budaya yang memasuki dirinya. Sekolah sebagai salah satu dari tempat enkulturasi suatu budaya sesungguhnya merupakan bahan masukan bagi anak dalam mengembangkan dirinya.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Kebudayaan Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Kebudayaan"