Widget HTML #1

Seputar Pengertian Dan Pemeliharaan Gorong-Gorong

Gorong-Gorong
Gorong-gorong bagaikan sungai-sungai kecil yang menghubungkan setiap rumah-rumah di perkampungan dan atau aliran air di jalan-jalan menuju sungai besar. Ketika suatu wilayah dibangun bangunan atau jalan, tentu saja tanah-tanah di wilayah tersebut tidak mampu menyerap air lagi dengan baik karena tertutup. Agar air tidak menggenang, gorong-gorong sangat penting terutama di wilayah-wilayah dengan bangunan besar.

Jika semakin tebal dan luas pondasi suatu bangunan dan jalan, maka idealnya gorong-gorong sebaiknya juga sebesar wilayah tersebut untuk pengganti luas wilayah tanah yang tertutup dengan beton bangunan. 

Seputar Pengertian@~ Gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air (saluran irigasi atau pembuang) melewati bawah jalan air lainnya (biasanya saluran), di bawah jalan, atau jalan kereta api. Gorong-gorong juga digunakan sebagai jembatan ukuran kecil, digunakan untuk mengalirkan sungai kecil atau sebagai bagian drainase ataupun selokan jalan.

Berikut Langkah Pemeliharaan Gorong-Gorong
  1. Gorong-Gorong Harus berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air melntasi jalan
  2. Pelihara Dan Bersihkan bagian gorong-goromg
  3. Gorong-Gorong tidak boleh terserap diendapan
  4. Bersihkan kolam penerima
  5. Dorong endapan dengan batang bambu
  6. Bersihkan kolam pembuang agar air dapat berjalan dengan lancer dan baik
Karakter gorong-gorong adalah sebagai pengikat berbagai kepentingan dan manfaat, yakni irigasi/sanitasi, transportasi, listrik, telekomunikasi, air bersih dan layanan lainnya. Karakter lain dari gorong-gorong adalah konsisten dan rendah hati.  Saat musim kemarau atau hujan ia tetap menjalankan fungsinya.  Ia tidak pernah meminta, ingin diperhatikan atau dipentingkan.  Manusia akan mendatanginya ketika merasa membutuhkan, misalnya karena terjadinya penyumbatan aliran air.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gorong-gorong