.

Seputar Pengertian Sudut Pandang Kelebihan Dan Kelemahan e-business

Seputar Pengertian~ Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.

Seputar Pengertian e-Business
Pengertian e-Business atau Electronic business dapat Diartikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

E-Business Menurut Para Ahli
  1. Menurut (Executive Guides: Business To Customer www.netessence.com.cy) Definisi e-business secara sederhana adalah penggunaan internet untuk berhubungan dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier. Penggunaan internet menyebabkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik dengan mereka memanfaatkan internet.Beda e-business dengan e-commerce adalah ecommerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk juga pertukaran informasi secara online misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi informasi persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi tentang perbankan, credit card, dll dengan konsumen mereka, dan sebagainya.
  2. Menurut (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall) Menghubungkan sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business.
  3. Menurut (http://www.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm) E-bisnis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatu bisnis.
  4. Menurut (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
  5. Menurut (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry) Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan system dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. 
  6. Menurut (SearchCIO.com) E-business adalah mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan salah satunya oleh IBM pada tahun 1997.
  7. Menurut (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen.
  8. Menurut (MSN Encarta) Penggunaan internet untuk pengelolaan bisnis misalnya untuk menghubungkan dengan konsumen, supplier, pekerja, dan rekan bisnis.; Perusahaan yang menggunakan teknologi internet.
  9. Menurut (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall) Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi.
  10. Menurut (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall) E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir.
Sudut pandang e-business
  1. Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan.  Teknologi informasi dan komunikasi,  Komputer, data yang telah terkomputerisasi, internet
  2. Tujuan. Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi, Transformasi proses bisnis, Sharing informasi
  3. Pelaku E-Business, ‐ Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
  4. Kegiatan Sasaran.  Kegiatan bisnis, Proses bisnis utama, Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi, Operasi bisnis utama
  5. Keuntungan, Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi, Memberikan nilai bisnis yang berbeda, Efisien, Peningkatan produktivitas dan keutungan.
Strategi sukses dalam e-Business
  1. Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
  2. Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
  3. Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
  5. Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
  6. Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
  7. Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
Kelebihan e-business
  1. Menghemat Waktu, Jika bisnis yang dilakukan pada umumnya harus pergi ke tempat konsumen maupun rekan-rekan bisnis lainnya untuk melakukan transaksi maupun kerjasama. Maka berbeda dengan e-business, segala jenis komunikasi dilaksanakan secara online di internet.
  2. Akses Mudah, Agar bisa berhubungan dengan konsumen, pebisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang baik dan memadai
  3. Tidak Membutuhkan Modal Besar, Banyak orang beranggapan bahwa untuk memulai berbisnis harus mempunyai modal uang yang besar. Menurut saya hal tersebut adalah pendapat yang kurang tepat, karena setiap orang bisa memulai bisnis internet bahkan tanpa modal sekalipun. Asalkan memiliki koneksi internet yang baik dan bisa menggaet kerja sama yang baik dengan pebisnis lain. Salah satu contoh e-business tanpa modal yaitu bisnis reseller.
  4. Lebih Tepat Sasaran, Para peminat bisnis yang kita usahakan akan datang kepada kita. Sedangkan yang tidak berminat, tidak perlu mengindahkan iklan yang kita buat sebagai pebisnis.
Kelemahan e-business
  1. Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung, Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu.
  2. Resiko Penipuan Lebih Tinggi Dibanding Bisnis Lainnya, Karena tidak ada pertemuan antara pebisnis dengan konsumen maka akan sering terjadi penipuan jika konsumen ataupun calon pebisnis (pemula) kurang pengetahuannnya mengenai seluk beluk bisnis internet.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/E-business
http://rainbow-indonesia.blogspot.com/2013/03/kelebihan-dan-kelemahan-e-business.html
http://elektroundip2002.files.wordpress.com/2008/02/tugas-1-e-bisnis.pdf
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Sudut Pandang Kelebihan Dan Kelemahan e-business Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Sudut Pandang Kelebihan Dan Kelemahan e-business"