.

Seputar Pengertian Komunikasi Data

Seputar Pengertian Komunikasi Data, Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

Pengertian Lain Dari Komunikasi Data :
  1. Transmisi data elektronik melalui beberapa media
  2. Merupakan penggabungan dari 2 teknik :
Teknik telekomunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik lainnya (komunikasi jarak jauh), pengolahan data segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data. Komunikasi data / teleprocessing (pengolahan jarak jauh) merupakan komunikasi jarak jauh dengan bantuan sistem komputer merupakan proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati melalui media listrik / elektro-optik dari titik ke titik yang lainnya.

Sistem komunikasi data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehinga semua fasilitaas beradda pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.

Komponen Komunikasi Data
  1. Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
  2. Penerima, adalah piranti yang menerima data
  3. Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
  4. Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
  5. Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.
Keuntungan Komunikasi Data
  1. Pengumpulan dan persiapan data. Bila pada saat pengumpulan data digunakan suatu terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat dikurangi sehingga dapat mempercepat proses (menghemat
  2. waktu)
  3. Pengolahan Data. Karena komputer langsung mengolah data yang masuk dari saluran transmisi (efisiensi)
  4. Distribusi. Dengan adanya saluran transmisi hasil dapat langsung dikirim kepada pemakai yang memerlukannya.

Tujuan Komunikasi Data
  1. Memungkinkan menyalurkan informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin
  2. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar adalah efisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ke tempat yang lain.
  3. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung lainnya dari jauh (remote computer use)
  4. Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat / tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun senralisasi
  5. Mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dari berbagai system komputer
  6. Mengurangi waktu untuk pengolahan data
  7. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan)
  8. Mempercepat penyebarluasan informasi
  9. Mengintegrasikan semua jenis komunikasi menjadi satu sistem yaitu ISDN (Integrated Service Digital Network) atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu.

Bidang-bidang operasi Komunikasi Data
  1. Bidang data collection Data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station), disimpan dalam memori dan pada waktu tertentu data teersebut akan diolah. Contoh : aplikasi inventori, penggajian, dll
  2. Bidang inquiry and respone Pemakai dapat mengakses langsung ke file / program. Data yang dikirimkan ke system komputer dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputeer maka sistem semacam ini disebut interaktif. Contoh : aplikaasi perbankan, pembayaran dipertokoan.
  3. Bidang storage and retrival, Data yang sebelumnya disimpan dalam komputeer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh : aplikasi message switching, e-mail.
  4. Bidang time sharing, Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya secara bersama-sama. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Jika terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in roll out harus dipergunakan. Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak, perhitungan, rekayasa, pengolahan kata (word processing), CAD (computer aided design), dll
  5. Bidang remote job entry, Remote job terminal mengirimkan program / data (text) untuk disimpan ke  komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan dikerjakan secara batch yaitu diolah setelah gilirannya tiba. Contoh : aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan.
  6. Bidang real time data processing and process control, Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time) Contoh : aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sist. telekomunikasi, dll
  7. Bidang data exchange among computers Pertukaran data berupa program, file dsb antar sistem komputer. Pada palikasi ini data yang dipertukarkan jumlahnya banyak

Teknik penyambungan dalam Komunikasi Data :
Tipe dari jaringan komunikasi data :
  • Switched network, data ditransfer dari sumber ke tujuan melalui hubungan node seri (komunikasi dari titik ke titik / point to point communication = penyampaian informasi dari sumber hanya diberikan kepada 1 penerima) Teknik penyambungannya :
  1. Circuit-switched network Rangkaian masukan disambungkan ke penerima / rangkaian keluaran selama pengalihan informasi, apabila yang dituju sibuk / tidak siap maka hubungan gagal. Didalam jaringan circuit switching, jalur komunikasi yang tepat dibangun diantara 2 station melewati node / persimpangan jaringan. Jalur adalah suatu rangkaian jaringan fisik yang terhubung diantara node. Pada masing-masing jaringansuatu logical channel dimasukkan ke dalam proses koneksi ini. Data yang dikirimkan oleh sumber station ditransmisikan sepanjang jalur yang tepat secepat mungkin. Pada setiap node, data yang masuk diarahkan / dialihkan ke channel keluar yang tepat tanpa mengalami penundaan sama sekali. Arah komunikasi diwujudkan antara 2 stasiun melalui jaringan node. Contoh umum : jaringan telephone.
  2. Packet-switched network Informasi yang masuk akan disalurkan beberapa saat kemudian. Disini terjadi penyimpanan informasi, baru kemudian disalurkan. Tidak perlu mempergunakan kapasitas transmisi sepanjang jalur melewati jaringan. Data dikirim dalam serangkaian potonganpotongan kecil secara berurutan, yang dinamakan paket. Tiap paket melewati jaringan dari node ke node sepanjang jalur yang menghubungkan sumber ke tempat tujuan. Pada setiap node seluruh packe diterima, disimpan dengan cepat dan ditransmisikan ke node berikutnya. Contoh umum : komunikasi dari terminal ke komputer dan komputer ke komputer.
  • Broadcast network, terdapat transmitter / receiver yang berkomunikasi melalui medium yang disebar oleh stasiun-stasiun lain (dari satu titik ke segala penjuru). Suatu transmisi dari satu stasiun di-broadcast ke dan diterima oleh semua stasiun lainnya. Contoh sederhana : CB Radio System. Dalam kasus berikutnya data ditransmisikan dalam paket-paket, karena medium dibagi-bagi, maka hanya sutu stasiun pada suatu waktu yang dapat mentransmisi suatu paket. Dan informasi dapat diambil oleh siapa saja.
  1. Packet radio networks, stasiun berada didalam range transmisi satu sama lain dan broadcast (menyiarkan) secara langsung ke satu sama lainnya.
  2. Satellite networks, data tidak ditransfer langsung dari transmitter ke receiver tetapi di-relay melalui satelit: masing-masing stasiun mentransmisi ke satelit dan menerima dari satelit.
  3. Local networks, bentuk yang biasa dari broadcasting adalah LAN dan MAN. LAN adalah jaringan komunikasi yang meliputi daerah yang kecil seperti gedung atau bagian kecil dari gedung. MAN meliputi daerah yang lebih luas, seperti antar gedung atau daerah kota. Dalam bus local network, semua stasiun dihubungkan ke kawat biasa atau kabel. Suatu transmisi oleh satu stasiun manapun manapun menyebar pada medium yang panjang dalam kedua arah dan dapat diterima oleh semua stasiun lainnya. Ring network terdiri dari close loop, dengan masing-masing stasiun berhubungan ke elemen repeating (pengulang). Suatu transmisi dari stasiun manapun bersirkulasi mengelilingi ring melalui semua stasiun lainnya dan dapat diterima oleh tiap stasiun selagi melewatinya.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Komunikasi Data Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Komunikasi Data"