.

Seputar Pengertian Artikel

Seputar Pengertian Artikel. Artikel adalah Tulisan Atau Karangan Yang lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan Suatu Informasi Berupa gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Artikel populer biasanya adalah tulisan ringan yang tidak rumit dan bersifat hiburan. Selain itu, bahasa yang digunakan juga cenderung bebas. Model yang paling sulit ialah penulisan ilmiah. Dari aspek bahasa, tentu saja tulisan ilmiah mensayaratkan bahasa yang baku,  ada satu model penulisan yang berada di tengah-tengahnya. Model tersebut di kenal dengan penulisan ilmiah populer dan merupakan perpaduan penulisan populer dan ilmiah. Sebaliknya, artikel ilmiah populer di tujukan kepada para pembaca umum, dan kita perlu membedakan antara kosakata ilmiah dan populer. Kata-kata populer merupakan kata-kata yang akan di pakai dalam komunikasi sahari-hari, sedangkan kata-kata yang biasa di pakai oleh  kaum pelajar terutama dalam penulisan ilmiah, pertemuan-pertemuan resmi, diskusi-diskusi khusus disebut kata-kata ilmiah.

Pengertian Artikel Menurut para Ahli:
  1. Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia (1991:14): Artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.
  2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988:49):Artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.
  3. Menurut The America Heritage Desk Dictionary (1981:59): Artikel adalah bagian tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan esai.
  4. Menurut Longman Pitman Office Dictionary (1989:41):Artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain.
  5. Menurut Essential English Dictionary: Artikel adalah tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.
  6. Menurut Webster's Collegiate Thesaurus: Artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.
  7. Menurut Webster's New World Dictionary (1990:26):Artikel adalah tulisan nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar, majalah.
  8. Menurut Penguin English Student Dictionary (1991:31):Artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis untuk dipublikasikan dalam surat kabar atau majalah.
  9. Menurut Rillan E. Wolseley (1969:439): Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, atau menghibur.
  10. Menurut Andi Baso Mappatoto (1994): Artikel adalah karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi, dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.
Referensi:
Gunawan, Wawan. 2008. Tips Trik Menulis Artikel: 6 Langkah Menjadi Penulis.Bandung: Harmax Publishing.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Artikel Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

1 Response to "Seputar Pengertian Artikel"