.

Seputar Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Dengan Tidak adanya Perangkat Keras (hardware) sebuah komputer tidak dapat  berfungsi dengan baik bahkan Perangkat Lunak (software) komputer tidak akan dapat dijalankan tanpa perangkat ini. jadi bisa disimpulkan hardware atau perangkat keras pada komputer adalah peralatan komputer yang bisa disentuh, dan terhubung langsung secara fisik ke komputer.

Perangkat keras komputer (hardware)
Perangkat keras komputer (hardware) adalah bagian fisik dari  komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Perangkat Keras (hardware) Dapat Dibedakan menjadi 5 Kelompok Antara Lain :

1. Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan (Input Device) adalah semua Perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi,
Unit masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal:
  1. Cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atauaudio;
  2. Masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus);
  3. Derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD.
Jenis unit masukan utama antara lain adalah papan ketik, peranti penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll).

2. Unit Pemrosesan (Process Device)
Unit Pemroses Sentral (UPS) (Central Processing Unit ), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU

Unit ini berfungsi sebagai unit sistem untuk memproses data. Disebut juga CPU ( Central Processing Unit ) yang bertugas sebagai pusat pemrosesan data atau dapat dikatakan sebagai otak komputer.
unit ini dikenal umum dengan nama Prosesor, kinerja komputer sangat tergantung dari unit ini. Semakin cepat kerja Prosesor yang digunakan dan diimbangi dengan memori RAM yang besar, maka kinerja komputer semakin baik.

3. Unit keluaran (Output device)
Unit keluaran (output device) adalah unit yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer. Berdasarkan hasil keluarannya unit keluaran dapat digolongkan menjadi:
a. Softcopy
SoftCopy Device,merupakan output device (alat keluaran) yang digunakan untuk menampilkan tulisan,image/gambar maupun suara melalui media soft(lunak)berupa sinyal elektronik.Contoh soft copy device adalah video display (monitor) dan speaker untuk suara
b. Hardcopy
alat keluaran yg digunakan untuk mencetak tulisan, grafik atau gambar adalah pada media pencetak.Alat hard copy device pada umumnya yang digunakan adalah printer.Sekarang banyak jenis-jenis printer yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Selain itu juga ada plotter,alat cetak yang mempunyai kemampuan dan kualitas baik dalam mencetak grafik atau gambar dan mampu mencetak dalam ukuran besar.Biasanya menggunakan pen

4. Unit penyimpanan (Backing Storage)
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya Unit tambahan (Periferal) Peripheral adalah Perangkat input/output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. seperti printer, modem, scanner, vga card, lan card, sound card atau termasuk juga kamera digital.


Komponen-Komponen Perangkat Keras
Berikut ini sedikit dijelaskan tentang fungsi beberapa perangkat keras dan komponen-komponen yang umum kita gunakan:
Keyboard
Sebagai tempat memasukkan (mengetik) data.

Mouse
Sebagai alat penunjuk/menggerakkan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah

Scanner
Sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto

Monitor
Disebut juga layar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat

Printer
Digunakan untuk mencetak data/informasi pada kertas.

Speaker
Berfungsi mengeluarkan informasi berupa suara.

Processor
Sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya

Mainboard
Sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen komponen lainnya dipasang

CD/DVD Drive
Tempat memasukkan CD, berfungsi membaca dan/ atau menulis data pada CD/VCD

Hard disk
Hard disk adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada di dalam casing (badan) komputer dan jarang dipindah-pindahkan (disebut juga fixed disk). Umumnya semua program dan data disimpan dalam hard disk.

Memory (RAM)
Memory (RAM) adalah tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Access Memory.

VGA Card
VGA Card adalah komponen yang berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array.

Sound Card
Sound Card adalah komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker.

LAN Card
LAN Card adalah komponen yang akan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. LAN Card tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja. LAN singkatan dari Local Area Network.

Modem
Modem adalah komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi ke internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon. Modem tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
http://lembar200.blogspot.com/2013/04/tutorial-pengantar-teknologi-informasi.html
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Hardware (Perangkat Keras)"